habit

Yang Biasa Dilakukan Programmer Saat Stuck

Setiap harinya, seorang programmer itu selalu berkutat dengan berbagai gadget baik itu laptop, PC, smartphone dan perangkat gadget lainnya. Tentu saja hal ini sudah menjadi hal biasa untuk para programmer karena memang sudah menjadi tugasnya untuk melakukan pemrograman. Namun, biasanya programmer akan lebih familiar ketika menghadapi berbagai masalah yang ada pada sebuah PC ataupun laptop. Ketika programmer dalam keadaan stuck, ada beberapa trik yang bisa dilakukan. Tentu saja trik ini juga bisa Anda lakukan ketika tiba-tiba PC atau Laptop Anda mengalami hang dan Anda stuck ketika menjalankan sebuah program yang bisa dibilang cukup krusial.

programer stuck

Perlu Anda ketahui, Program komputer sering kali mengalami macet ataupun stuck ketika mesinnya terlalu lama bekerja atau menyala. Hal ini menjadikan mesin terlalu panas sehingga bekerja. Dalam hal ini, program komputer akan mengalami not responding atau disebut juga dengan ngehang. Kejadian hang ini biasanya akan ditandai dengan layar yang stuck serta komputer tidak merespon karena program yang sedang macet. Bahkan masih ada banyak merugikan lain ketika komputer sedang hang, stuck ataupun macet. Namun jangan bingung apalagi panic ketika menghadapi hal ini.

Cara Programmer Mengatasi Masalah Stuck atau Hang

Ada beberapa cara yang biasa dilakukan oleh programmer ketika menghadapi masalah tersebut. Nah berikut ini merupakan beberapa trik yang bisa Anda lakukan ketika Anda sendiri mengalami stuck ketika sedang menggunakan perangkat komputer yaitu:

• Tahap pertama, Anda bisa mencoba untuk menutup program yang stuck tersebut dengan menekan alt+F4 ketika mouse sudah tak bisa bekerja.

• Ketika langkah sebelumnya tak berhasil, coba untuk menutup paksa dengan melakukan end task. Tombol yang perlu ditekan yaitu ctrl+alt+esc, pilih program yang stuck tersebut dan klik end task.

• Jika tak berhasil atau program komputer macet total, maka bisa menekan ctrl+alt+del dan pilih shutdown agar program mati dengan sendirinya.

• Ketika berbagai cara di atas tak bisa dilakukan lagi, maka hal terakhir yang isa dilakukan itu adalah dengan mematikan perangkat secara paksa. Cara untuk mematikan paksa laptop dan komputer yang stuck dan ngehang ini bisa dilakukan dengan menekan tombol on atau power selama 10 detik. Dengan menekan tombol tersebut selama 10 detik, maka laptop atau komputer akan mati dengan sendirinya.

Itulah beberapa cara yang dilakukan programmer ketika menghadapi keadaan yang stuck. Namun lebih baik untuk mengantisipasi agar hal tersebut tidak terjadi dengan menjaga pemakaian laptop atau komputer dengan baik. Pastikan untuk menggunakannya dengan bijak. Ketika sudah tak digunakan, maka lebih baik dimatikan dan jangan sampai laptop ataupun komputer dinyalakan selama seharian. Ketika Anda sering melakukan hal tersebut, maka justru akan merugikan diri Anda sendiri karena perangkat mesin motherboard laptop dan komputer akan cepat rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *