makanan
habit

Beragam Ciri Khas yang Ada di Masakan Jawa

Indonesia memiliki ragam budaya yang sangat berlimpah. Setiap suku dan bangsa memiliki ciri masing-masing. Jawa adalah daerah yang memiliki banyak keanekaragaman, dan salah satunya terletak pada kulinernya. Beberapa kabupaten yang ada di Jawa, memang memiliki masakan dengan cita dan rasa yang manis serta gurih. Namun rasa yang berbeda akan Anda nikmati di daerah lain yang memiliki rasa gurih serta asin. Berikut ini beragam ciri khas dari rasa makanan yang ada di daerah Jawa.

  • Kuliner dari Jawa Timur. Apabila Anda berkunjung ke daerah yang penuh dengan kuliner seperti Surabaya dan sekitarnya, maka Anda akan mencicipi makanan dengan rasa asin dan pedas. Bahan utama yang sering dipakai adalah petis terasi dan tentunya petis ikan yang memilikinya rasa sangat khas. Tidak heran bahan utama ini diberikan cukup banyak dan memberikan cita rasa asin dan pedas sekaligus dalam makanan. Biasanya makanan di daerah Jawa Timur sering dikukus, dipepes, maupun dibakar. Makanan yang populer di daerah ini adalah rujak cingur, tahu tek, dan juga tahu campur.
  • Kuliner dari Jawa Tengah. Anda tentu pernah mendengar makanan gudeg, bacem, ataupun soto kudus? Makanan tersebut adalah kuliner yang khas dari Jawa Tengah. Terdapat sejarah mengapa makanan khas dari Jawa Tengah memiliki cita rasa yang manis dan biasanya tidak terlalu pedas. Bumbu utama yang biasa digunakan antara lain bawang putih, rempah-rempah, gula merah, dan santan pada beberapa masakan. Anda yang suka makanan dengan cita rasa yang tidak pedas, maka wajib untuk mencicipi kuliner khas dari Jawa Tengah.
  • Kuliner dari Jawa Barat atau Sunda. Masakan dari Sunda biasanya identik dengan sayuran segar yang sering disebut dengan lalapan. Masakan sunda biasanya memiliki bumbu dasar kuning dan putih atau bening. Rempah yang selalu ada di dalam masakan ini yaitu lengkuas, daun salam, dan tentunya batang serai. Anda jangan kaget karena masakan ini biasa dibungkus dengan daun pisang serta dikukus ataupun dipanggang. Makanan yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu nasi liwet, nasi timbel, dan tentunya nasi tutug oncom.

Apabila Anda ingin mencicipi kuliner khas Jawa, Anda jangan khawatir karena sekarang ini telah banyak sekali tempat makanan yang menyediakan makanan daerah bahkan di kota besar. Pecinta kuliner harus mencoba aneka kuliner dari Jawa yang penuh ragam dan cita rasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *