Cara Memilih Hewan Kurban yang Baik dan Benar

Apakah Anda sudah tahu kapan hari raya Idul Adha dilakukan? Untuk seluruh umat Islam, Hari Raya Idul Adha jatuh di setiap tanggal 10 bulan Dzulhijjah, biasanya ini dilakukan setelah 70 hari hari Raya Idul Fitri dilakukan. Semua orang pasti sudah mengetahui bahwa perayaan Idul Adha selalu dengan melakukan penyembelihan atau yang sering disebut kurban. Penyembelihan ini dengan menggunakan hewan kurban yaitu hewan yang sudah dipilih dengan baik dan benar menurut syariat Islam.

Penyembelihan untuk hewan ini dilakukan setelah melakukan salat Ied atau ketika waktu dhuha. Semuanya merupakan syariat Islam yang benar adanya. Untuk melakukan penyembelihan, memang harus ada beberapa tahapan terlebih dahulu yang harus diikuti.

Untuk melakukan berkurban, apakah boleh dengan menyumbangkan hewan apa saja? Tentu saja tidak, hewan kurban telah dikhususkan oleh syariat Islan. Beberapa hewan yang boleh untuk dikurbankan adalah kambing, domba, sapi, kerbau, dan unta. Namun, hewan yang sering dipilih untuk dikurbankan khususnya di Indonesia adalah kambing dan sapi. Oleh karena itu, di Indonesia banyak sekali peternak sapi dan kambing. Supaya sah dan halal, hewan yang dikurbankan tidak boleh dipilih secara asal dan sesuka hati. Kita semua harus menuruti aturan dalam memilih hewan untuk dikurbankan yang sesuai dengan ajaran islam yang harus sepenuhnya diperhatikan. Nah, bagi Anda yang ingin berniat untuk berkurban juga harus memiliki tips dalam memilih hewan yang akan dijadikan kurban nanti.

Sangat penting sekali bagi Anda umat Islam untuk mengetahui bagaimana cara dalam memilih hewan kurban yang baik dan benar menurut syariat Islam.

1. Hewan yang akan dijadikan kurban tidak boleh memiliki cacat fisik seperti buta, kaki pincang, sering sakit-sakitan, kurus dan tidak berdaya.

2. Hewan yang disembelih untuk kurban harus dimiliki dengan kepemilikan yang sudah mutlak sah, tidak boleh karena hasil merampas atau mencuri dan dibeli dengan uang dari hasil yang haram.

3. Untuk pemilihan hewan untuk kurban harus berusia yang sudah ditentukan. Untuk usia kerbau dan sapi harus yang sudah berusia 22 bulan, sedangkan untuk usia kambing dan domba minimal sudah berusia sekitar 12 sampai dengan 18 bulan.

4. Pemilihan tempat dimana Anda akan membeli hewan untuk kurban merupakan hal yang penting juga. Anda dianjurkan untuk tidak membeli hewan yang diternak di tempat seperti pembuangan sampah, karena akan berpotensi tidak sehat dan berbahaya untuk yang mengonsumsinya nanti.

5. Hewan yang dikurbankan tidak diperbolehkan dibeli dari hasil patungan kecuali kambing.

Nah, sekiranya itulah beberapa tips dan cara apa saja kriteria dalam memilih hewan kurban yang baik dan benar menurut syariat Islam. Bagi anda yang akan memilih hewan untuk dikurbankan sebaiknya harus mengikuti anjuran di atas supaya hewan yang dikurbankan baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *