Inilah Hukumnya Qurban Online

Dengan meningkatkan penggunaan teknologi dan semakin tingginya berbagai aplikasi yang memang dapat menyediakan dan menerima qurban online kapan saja dan dimana saja. Syaikh Ibnu Utsmain Rahimahullah juga mengatakan tidak menganjurkan untuk mengirimkan hewan qurban dalam keadaan hidup ataupun Anda mengirimkan sejumlah uang yang digunakan untuk membeli hewan qurban dan akhirnya di sembelih di tempat lain.

Gambaran Sistem Qurban Online

Perlu Anda ketahui, bahwa gambaran dari sistem qurban online ini tentu saja bisa terjadi, yaitu orang yang akan berqurban langsung mentransfer sejumlah uang sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh lembaga sosial tertentu. Uang itu juga dibelikan hewan qurban dan tentu saja disembelih di tempat yang memang sudah ditentukan oleh lembaga tertentu di luar domisili.

Banyak pertanyaan apakah hal tersebut diperbolehkan atau tidak? Satu hal yang perlu Anda pahami adalah bahwa pada asalnya tempat untuk menyembelih hewan qurban itu adalah daerah dari orang yang memang ingin berqurban.

Hal tersebut juga sudah dipraktekkan oleh Rasulullah dan para sahabat lainnya. Bahkan Rasulullah juga memiliki kebiasaan menyembelih hewan qurban di tanah lapang yang memang merupakan tempat shalat ied.

Hal tersebut diperkuat dengan adanya hadist yang mengatakan bahwa Rasulullah juga biasanya menyembelih hewan qurban di tanah lapang atau di tempat yang digunakan untuk shalat ied. Akan tetapi jika memang terjadi hal seperti itu, qurbnnya akan tetap sah meskipun jelas-jelas menyelisih sunah.

Hilangnya Keutamaan Qurban Jika Secara Online

Tentu saja akan banyak sunnah yang hilang dan akan kehilangan banyak keutamaan. Misalnya saja keutamaan menyembelih hewan qurban dengan tangan sendiri, mengikuti dan menyaksikan penyembelihan, dan adanya anjuran untuk ikut makan sebagian daging hewan qurbannya. Selain itu, shahibul qurban juga tentu tidak mengetahui siapa yang menyembelih hewan qurban tersebut.

Selain itu shahibul qurban juga disyariatkan untuk tidak potong kuku maupun rambut sampai hewan yang akan diqurbankan nanti akan disembelih. Berdasarkan alasan ini, Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah juga tentu saja mengatakan bahwa tidak menganjurkan untuk mengirimkan hewan qurban dalam keadaan hidup ataupun bila hanya mengirim sejumlah uang untuk dibelikan hewan qurban dan disembelih di tempat lain.

Jika Anda menyembelih hewan qurban di tempat domisili lalu Anda membagikan dagingnya keluar wilayah maka hal tersebut dapat diperbolehkan bila wilayah domisilinya tidak bisa lagi dan tidak lagi menerima atau jumlah dagingnya memang sangat melimpah.

Qurban secara online juga ada yang mengartikan bahwa Anda melakukan qurban dengan cara membeli hewan kemudian Anda disembelih di tempat tersebut. Lalu daging sembelihnya juga disalurkan di berbagai daerah tertentu oleh panitia qurban.

Menurut ulama lain, pelaksanaan qurban online seperti ini sangat diperbolehkan. Akan tetapi banyak sekali kehilangan keutamaannya seperti tidak bisa memakan daging qurban sendiri, tidak tahu kapan waktu penyembelihannya dan tidak dapat menyembelih qurban atau tidak dapat menyaksikannya.

Sebetulnya anjuran berqurban oleh Allah SWT merupakan salah satu syariat islam. Selain itu, Anda juga akan lebih dianjurkan untuk memilih hewan terbaik dan menyembelih qurban di tempat yang terdekat lalu memakannya sebagian dan membagikannya kepada orang-orang yang terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *