Ciri-Ciri Tanah Longsor

Jika membicarakan mengenai bencana alam, mungkin tidak akan ada habisnya. Banjir, tanah longsor, kebakaran hingga gempa bumi menjadi jenis bencana alam yang seringkali terjadi. Tanah longsor menjadi jenis bencana alam yang sering terjadi. Banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya tanah longsor. Bencana tanah longsor dapat disebabkan karena hujan serta berkurangnya pohon. Sementara itu, banyak orang yang beranggapan jika longsor terjadi secara tiba-tiba. Namun sebenarnya ada beberapa ciri daerah yang rawan longsor atau mudah terkena tanah longsor.

Berikut beberapa ciri daerah rawan longsor:

 

1. Curah hujan yang cukup tinggi

Daerah yang memiliki curah hujan yang cukup tinggi biasanya memiliki tingkat risiko untuk terjadi tanah longsor tinggi. Tingginya curah hujan di suatu tempat dapat menyebabkan kadar air di tanah juga ikut tinggi. Tingginya kadar air akan tambah tinggi jika tidak ada daerah resapan seperti keberadaan pohon.

2. Tingkat kemiringan daerah

Daerah yang memiliki tingkat kecuraman yang tinggi juga meningkatkan risiko tanah longsor. Terutama jika daerah tersebut memiliki tingkat kecuraman lebih dari 40 persen dapat menambah tingkat risiko terjadinya tanah longsor.

3. Area sekitar sungai

Daerah yang berada di sekitar sungai akan menambah risiko tanah longsor. Tanah di sekitar sungai sendiri cenderung memiliki tingkat kadar air yang cukup tinggi. Selain itu, tanah di sekitar sungai juga memiliki tingkat kecuraman yang juga cukup tinggi. Risiko tanah longsor akan semakin tinggi dengan tidak adanya pohon untuk memperkuat kondisi tanah.

4. Kawasan yang gundul

Kawasan yang gundul yang dimaksudkan di sini yaitu daerah yang hanya sedikit memiliki pohon. Keberadaan pohon di suatu tempat dapat menjadi ciri daerah tersebut rawan longsor atau tidak. Pohon sendiri memiliki banyak fungsi dalam menjaga agar daerah tidak rawan longsor. Seperti menjaga tingkat kadar air, menguatkan lapisan tanah dengan menggunakan akar dan lain sebagainya.

Itulah beberapa ciri dari daerah yang rawan dan memiliki potensi untuk terjadi longsor dengan tingkat yang cukup tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *