Pentingnya Berzakat Bagi Umat Muslim

Zakat merupakan salah satu kegiatan yang hukumnya wajib bagi umat muslim. Zakat biasa dilaksanakan minimal satu tahun sekali, dimana yang wajib adalah zakat fitrah. Dilaksanakan sesaat setelah matahari di penghujung bulan ramadhan tenggelam sampai sebelum sholat idul fitri dimulai. Namun selain zakat fitrah, zakat juga terdiri dari zakat maal yang berupa zakat emas, perak, hewan ternak, hasil perkebunan, hasil pertanian, perniagaan, uang dan masih banyak lagi. Kedua zakat tersebut wajib dikelola dan diatur oleh lembaga pengelola zakat dan diperiksa langsung oleh kementerian agama.

Saat ini marak sekali lembaga zakat online di Indonesia, yang dipercaya dapat memberikan kemudahan bagi umat muslim dalam berzakat. Untuk Anda yang sedang sibuk dengan segudang aktivitas atau mungkin sedang menetap sementara di luar negeri, hadirnya lembaga zakat online membuat Anda bisa berzakat dimanapun Anda berada. Tidak ada alasan lagi untuk tidak melakukan zakat, sekalipun Anda jauh dari rumah.

Pengaruh Lembaga Pengelola Zakat Terhadap Pembagian Zakat

Lalu apa pentingnya lembaga pengelolaan zakat bagi umat muslim? Munculnya berbagai lembaga kemanusiaan berbasis online ini membuat para muzaki (penyalur zakat) banyak yang mencoba berzakat secara online. Karena hal tersebutlah pengelolaan zakat menjadi sangat penting. Zakat yang tidak dikelola dengan baik tidak akan merata saat dibagikan, tidak memiliki skala prioritas dan manfaat jangka panjang bagi para mustahiq.

Pengelolaan zakat sendiri merupakan tugas pemerintah dan kementerian agama, mereka wajib memantau seluruh badan amil zakat dan lembaga zakat online yang terdaftar. Salah satu lembaga pengelola zakat yang berbasis online adalah aksi cepat tanggap. ACT sudah sangat berpengalaman melayani ratusan hingga ribuan penyalur zakat. Sebelum disalurkan, zakat sudah terlebih dahulu dikelola dan diatur agar pembagiannya merata serta manfaatnya bisa dirasakan oleh mustahiq dalam jangka waktu yang lama.

Zakat merupakan kegiatan yang memiliki berbagai manfaat baik di dunia maupun di akhirat. Di dunia, zakat dapat mempererat tali silaturahmi, mengajarkan kita untuk saling tolong menolong antar umat muslim, menjauhkan diri dari sifat-sifat berbahaya seperti iri hati dan dengki. Tidak hanya itu, zakat juga dapat membersihkan diri dari berbagai amalan buruk yang pernah diperbuat. Di akhirat, umat muslim yang rajin berzakat akan ditinggikan derajatnya, dilipat gandakan pahalanya dan dijauhkan dari siksa api neraka.

Lembaga pengelola zakat merupakan salah satu lembaga yang paling berpengaruh bagi masyarakat muslim saat ini. Karena telah berhasil mengatur dan mengelola ratusan hingga ribuan zakat yang masuk untuk disalurkan kepada para mustahiq. Pemerintah juga berjasa besar karena telah turun langsung untuk menilai seluruh lembaga pengelola zakat yang ada, apakah lembaga tersebut amanah, professional, dan lain-lain. Hal tersebut sangat penting, karena pengelolaan zakat tidaklah mudah dan zakat adalah salah satu kegiatan amal yang sangat membantu bagi warga miskin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *